7 Tips Melamar Pekerjaan Anti Gagal


www.aplikasiManufaktur.com - 7 Tips Melamar Pekerjaan Anti Gagal. Bagi Anda yang ingin langsung mendapatkan pekerjaan bisa dengan 7 tips ini yang dapat Anda terapkan, karena dalam penilaian tim HRD bukan hanya yang lulus dengan nilai yang terbaik saja yang diterima bisa juga poin lainnya yang tak kalah penting, berikut tips 7 melamar pekerjaan Anti Gagal :



1. Buat Curriculum Vitae menarik seperti video singkat 


Tulisan kaku seperti nama, tempat dan tanggal lahir di kertas membuat tim HRD menilai biasa para pelamarnya. Sedangkan keahlian lain dari pelamar juga tidak banyak menonjol dan sesuai keinginan perusahaan. Dari ratusan atau ribuan pelamar, namanya tim penyeleksi juga ingin calon karyawannya punya point plus yang bisa langsung terlihat dari sesi mengirimkan lamaran kerja.

Bagi kamu yang merasa generasi millenial, cobalah membuat lamaran via video yang bisa di upload di google drive atau attachment via email. Ini untuk beberapa posisi yang memang HRD perlu tahu keahlian komunikasi kamu karena memang sesuai dengan lowongan yang diumumkan. Tak salahnya mencoba dengan video dokumenter ala kamu, dengan sopan dan tentu juga konten disesuaikan dengan lamaran pekerjaan.


2. Buat Curriculum Vitae (CV) dengan infografis

Tak salahnya mencoba hal kreatif yang satu ini, infografis. Ya, selain membuat tampilan curriculum vitae Anda semakin menarik juga membuat Anda mendapat point plus. Setidaknya hal ini bisa jadi pertimbangan, dan jadi next wawancara Anda ketika melaju pada step berikutnya.


3. Memahami posisi yang dilamar 

Maksud hati ingin kirim-kirim lamaran, agar banyak panggilan pekerjaan. Jadi tidak dicap pengangguran. Namun sayang, cara ini salah sasaran. Karena perusahaan itu membuka lowongan untuk posisi yang dibutuhkan, bukan coba-coba. Minimal Anda tahu jenis pekerjaan yang akan Anda masuki,jangan asal iya dan asal diterima dulu.

4. Sampaikan kelebihan yang Anda kuasai 

Jika Anda mengirim lamaran dengan posisi general atau menyebutkan Anda ini lulusan S1. Namun tidak ada pengalaman kerja, tidak punya nilai akademik istimewa, tidak ada prestasi di luar lainnya yang bisa ditulis. Sebaiknya Anda gali lagi apa yang bisa Anda berikan pada perusahaan. Kelebihan Anda ini bisa jadi nilai tambahan walau nilai pas-pasan. Seperti Anda menguasai bahasa asing baik lisan dan tertulis, memahami internet marketing strategi, familiar dengan editing photoshop, adobe, dll. Atau Anda punya kelebihan lainnya yang bisa berkaitan dengan pekerjaan Anda.


5. Kalimat pembuka yang sopan

pernah membaca email tanpa salam, tanpa keterangan apapun di badan email, atau yang seharusnya file itu di attachment / lampiran justru ada di body email. Ini akan langsung dicoret dari daftar pelamar. Baik mengirim surat lamaran secara online harus bahasa yang sopan, apalagi ketika bertatap muka dengan staff HRD, bahasa dan gesture tubuh pun memiliki nilai.

6. Minta Restu Orang tua

Zaman di mana anak begitu mandiri, saking mandirinya dan percaya diri, meraka lupa, doa orang tua adalah pintu kesuksesan bagi anak-anaknya. Sebelum jadi karyawan yang baik, jadilah anak yang baik terlebih dahulu. Jangan kita patuh sama atasan, namun sama orangtua kita justru membangkang.


7. Doa

Iktiar tanpa doa adalah sombong, doa tanpa ikhtiar juga tidak baik, harus beriringan doa dan ikhtiar. Kenapa orang pintar masih kalah dengan orang yang beruntung, salah satunya orang beruntung itu bukan aji mumpung, bisa saja karena ia rajin berdoa dan juga berikhtiar melebihi dari orang lainnya.


Itu saja 7 Tips Melamar Pekerjaan Anti Gagal. Selamat mencoba. Jika Anda setuju, boleh diskusi di kolom komentar atau juga ceritakan pengalaman Anda di sini.


Salam Inspirasi 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kabuto dan cara penggunaannya

Cara Pasang Keyboard Jepang Di Handphone

Kamus Kanji Recognizer dan cara penggunaannya.